Dinas PU Kekurangan Dana

Dinas PU Kekurangan Dana

  \"genggam-uang\"BENGKULU, BE - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu mengaku kekurangan anggaran untuk memperbaiki berbagai infrastruktur yang dikeluhkan masyarakat selama ini. Dana yang dibutuhkan cukup besar mencapai Rp 150 miliar. Sedangkan dana yang tersedia hanya Rp 24 miliar yang bersumber dari APBD 2013. Hal ini terungkap saat hearing antara Dinas PU dengan Komisi II DPRD kota, kemarin.

Dalam  kesempatan itu, Ketua Komisi II Hj Leni Hartati Jhon Latief SE MSi meminta agar pihak PU memperioritaskan perbaikan infrasturuktur yang dikeluhkan oleh masyarakat selama ini. Keluhan itu juga pernah disampaikan kepada anggota DPRD saat melakukan musrenbang, reses, sidak dan hearing beberapa waktu lalu.

\"Sudah banyak aspirasi masyarakat yang kami tampung, seperti perbaikan jalan, drainase, jembatan, gorong-gorong, saliran irigasi, dan berbagai aspirasi lainnya yang tersebar di kota Bengkulu. Untuk itu, kami sebagai perpanjangan tangan dari masyarakat meminta Dinas PU untuk merealisasikannya,\" kata Leni didampingi anggota Komisi II, Samsul Azwar SH.

Menanggapi permintaan tersebut, Kadis PU Dr Ir H Herawansyah  MSc MT menjelaskan pada dasarnya pihaknya siap merealisasikan tuntutan masyarakat tersebut. Berhubung anggaran yang dimiliki sangat terbatas, maka pihaknya telah merangcang jumlah infrastruktur yang akan diperbaiki tahun ini. \"Kami akan melakukan peningkatan kualitas jalan sebanyak 60 ruas jalan,\" terangnya.

Selain itu, PU juga akan merehab jembatan atau pembangunan plat decker di 9 titik. Pemeliharaan irigasi sebanyak 2 unit, pembangunan saluran drainase atau gorong-gorong 26 unit, dan pemeliharaan jaringan irigasi 2 unit. Tidak hanya itu, PU juga akan membangun atau memperbaiki gedung kantor seperti memperbaiki kantor Lurah, kantor kecamatan, perbaikan masjid dan lainnya yang jumlahnya mencapai 16 unit pekerjaan.

\"Kami juga akan menyediakan sarana dan prasarana air limbah yang jumlahnya mencapai 15 unit pekerjaan,\" ujarnya. Menanggapi hal tersebut, Leni meminta agar pihak PU benar-benar mengutamakan pekerjaan yang memberikan manfaat besar kepada masyarakat luas, seperti memperbaiki jalan, jembatan, drainase dan lainnya.

\"Mengingat terbatasnya anggaran, maka mau tidak mau kita  Dinas PU harus menekan biaya sekecil mungkin agar semua keluhan masyarakat dapat dipenuhi. Selain itu, kami juga meminta PU agar memprioritaskan pekerjaan yang memiliki dampak terhadap masyarakat luas, bukan hanya kepentingan segelintir orang saja,\" sampainya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: